Tips Aman Mengendarai Motor Matic

kaskus-forum.blogspot.com - Integra - Motor Matic anyarnya Honda [mantep gan]

Sumber: Google pictures (Honda Integra)

Mengendarai sebuah motor skuter matir yang baik dan benar adalah sebuah skill yang sebetulnya mudah untuk dipelajari. Karena pada dasarnya, skuter matic tidak memiliki perseneling dan kopling, hanya gas dan rem, motor pun bisa langsung meluncur. Pengendara dengan kebiasaan memakai motor non matic, kemudian memakai motor matic akan menimbulkan masalah. Yaitu kelupaan terbiasa memainkan handel gas diawal seperti pada motor non matic, sehingga motor matic ini akan langsung melaju dan terangkat karena di gas secara cepat dan tiba-tiba.” Memang opini diatas bisa jadi ada benarnya, mengingat masyarakat Indonesia sebagian besar memiliki budaya acuh terhadap keselamatan, disiplin dan minim pengetahuan akan prosedur pemakaian (SOP=Standart Operational Procedure).

Kenali Skuter Matic Anda
Tidak semua skuter matic sama, ada yang memiliki kapasitas mesin besar (650cc atau lebih) dan ada skuter matic dengan kapasitas mesin kecil (50cc). Dengan memahami buku panduan skuter matic Anda, pengetahuan cara merawat dan memelihara kondisi motor Anda pun bisa diketahui. Berikut adalah kondisi yang harus diperhatikan ketika akan mengendarai sepeda motor matic:

Pertama, saat menghidupkan mesin. jangan lupa menekan rem ketika anda menekan tombol electric starter. Ini untuk mencegah seeda motor “melompat” tiba-tiba karena putaran gas pertama kali. Sebaiknya gunakan rem belakang sehingga tangan kanan bisa memegang handle gas dengan lebih baik.
Kedua, jika terbiasa menggunakan sepeda motor dengan persneling, pengaturan gas mungkin belum bisa lancar. Sebab, pengaturan gas antara sepeda motor dengan gigi dan sepeda motor matic memang berbeda. Oleh karena itu, kenali pengaturan gas sepeda motor matic. Sebagian sepeda motor matic telah dilengkapi dengan kunci pengamanan rem belakang. Ini membuat speda motor bergerak ketika tarikan gas mencapai titik rotation per minute (rpm) tertentu. Meskipun terkesan agak lambat, fungsinya adalah untuk menjaga keselamatan. Perlakukan sepeda motor matic dengan lembut, terutama dalam tarikan gas. Tujuannya adalah agar dapat menghemat bahan bakar.
Ketiga, pengendalian rem. Rem belakang sepeda motor konvensional digerakkan dengan kaki. Sementara itu, rem belakang sepeda motor matic dioperasikan dengan tuas rem di sebelah kanan. Jika kecepatan saat melaju tidak terlalu tinggi, pengendara bisa menggunakan rem belakang saja. Jika pengendara melaju dengan kecepatan tinggi, tariklah rem belakang dan rem depan secara bersamaan. Namun, jangan menarik rem keras-keras. Sepeda motor matic yang berhenti dengan mendadak dan tiba-tiba bisa membuat ban lebih cepat aus. Untuk mengantisipasi terjadinya kecelekaan, sebaiknya anda berlatih mengontrol kecepatan. Misalnya, menggunakan rem di jalan yang menikung dan jalan yang menurun. anda juga berlatih mengendalikan laju sepeda motor matic di jalan yang menanjak agar berkendara semakin stabil.

Tehnik Belok Pada Skuter Matic
Pelajari teknik berikut untuk bisa melakukan gerakan belok yang halus pada skuter matic Anda:

  • Pelankan laju kendaraan Anda sebelum melakukan belokan. Upayakan kepala Anda tetap tegak dan pandangan sesuaikan dengan belokan tersebut. Pelajari kondisi lalu lintas di hadapan Anda dan lihat kondisi permukaan jalan.
  • Jika Anda tidak memiliki kesempatan untuk memperlambat laju motor, lakukan belokan tersebut secara halus dan jangan menarik rem terlalu keras.
  • Letakkan kaki Anda pada alas (papan) motor dan upayakan untuk rileks mengikuti alur belokan skuter matic Anda.

Sumber :

http://gethomesafely.co.id/

http://www.ahmarembang.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s