Indonesia Buang 12 Peluang di Babak Pertama

TEMPO Interaktif, Jakarta -Perjuangan yang luar biasa ditunjukkan Firman Utina cs dalam laga penentuan final piala AFF Suzuki yang berlangsung di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Rabu (29/12). Serangan-serangan menusuk langsung diberikan tim Garuda untuk bisa mencetak gol. Setidaknya ada 10 peluang yang tercipta dari skuad Garuda namun masih belum bisa membobol gawang Malaysia. Berikut ini beberapa peluang yang sempat terjadi.

Menit ke-2 ada umpan lambung dari sundulan Cristian Gonzales dan ingin dimanfaatkan Arif Suyono tetapi kiper Malaysia Khairul Fahmi sigap menjaga gawangnya.

Menit ke-5 Arif Suyono dan Mohammad Nasuha bekerja sama melakukan kerjasama satu dua dari lini kanan pertahanan Malaysia dan menghasilkan bola lambung ke gawang Khairul, lagi-lagi tertangkap dengan sigap oleh Khairul.

Menit ke-8 Arif kembali membuka peluang untuk Indonesia bersama dengan Irfan Bachdim. Sayangnya, eksekusi dari kaki Irfan belum bisa membuahkan gol.

Menit ke-16, Gonzales kembali memberikan umpan lambung lewat kepalanya yang kini diarahkan kepada Irfan. Lagi-lagi tendangan itu langsung dimentahkan saja oleh Khairul.

Menit ke-17, kesempatan Indonesia untuk mendapatkan gol kembali mentah meski wasit Peter Daniel Green telah menunjuk ke titik putih setelah pemain belakang Malaysia menjatuhkan Arif Suyono di kotak penalti. Eksekusi dari sang kapten, Firman Utina tidak mampu menembus gawang Khairul. Tendangannya ke kanan gawang langsung terbaca dan bisa ditangkap.

Menit ke-19, Malaysia membalas dengan langsung mencoba menembus pertahanan Indonesia. Mohd Ashari bin Samsudin berupaya menendang bola ke arah gawang tetapi untungnya bisa dihalau kiper Indonesia Markus Harison.

Menit ke-24, peluang dibuka kembali dari kubu Indonesia. Kali ini, tendangan Muhammad Ridwan menuju ke kotak penalti disambut oleh sundulan Cristian Gonzales. Sayangnya, bola melambung menjauhi gawang.

Menit ke-28, peluang Indonesia berada pada kaki Ridwan yang telah bersiap menerima umpan dari tengah lapangan. Namun, Khairul langsung bisa menangkap hasil tendangan menyamping Ridwan.

Menit ke-32, Malaysia bisa melakukan serangan balik yang begitu cepat untuk menembus pertahanan Indonesia. Pemegang gelar topskorer sementara Mohd Safee bin Mohd Sali berupaya membobol gawang Markus. Tendangan menyilang Safee terlalu melebar dan bola berlalu begitu saja dari gawang.

Menit ke-37, giliran Zulkifli Syukur yang berusaha untuk bisa menjebol gawang Khairul. Umpan darinya sempat membuat Malaysia hampir bisa melakukan gol bunuh diri. Untungnya bisa diselamatkan oleh Khairul.

Menit ke-42, Gonzales mendapatkan kesempatan lagi untuk menambahkan koleksi golnya yang masih berselisih satu gol dengan Safee. Namun, momen yang membuat para suporter sempat menahan nafas itu harus dibayar dengan kekecewaan. Bola terlalu melambung di atas mistar gawang Khairul.

injury time menit ke-47, Arif dan Gonzales bisa saja memberikan sumbangan gol setelah menusuk pertahanan Malaysia. Namun, Malaysia menunjukkan pertahanan yang kuat dan kerjasama kedua pemain Indonesia ini dimentahkan begitu saja.

Sumber: http://www.tempointeraktif.com/hg/sepakbola/2010/12/29/brk,20101229-302569,id.html

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s