INDOSAT GArap Customer Community

ANIES Purwanti mengirimkan email itu pada Juli 2005 di milis grup IM3. Mahasiswi Jurusan Jurnalistik, Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Mercu Buana ini, adalah salah satu pentolan komunitas IM3 Friends yang berupaya mengajak rekan-rekannya untuk untuk peduli. Gadis yang akrab disapa Anies ini paling antusias mengusulkan beragam kegiatan, mulai dari acara fun hingga sosial.

 

Anies mengaku sudah jatuh hati pada komunitas pengguna kartu IM3 ini sejak ‘pandangan pertama’. Baginya, IM3 Friends adalah keluarga besarnya. “Saya ikut IM3 sejak membeli kartu perdananya pada 2003. Saat itu saya mendapatkan majalah komunitasnya dan tertarik bergabung dengan mengirim email,” tutur Anies.
 

Karyawan sebuah perusahaan swasta di Jakarta Selatan ini kemudian ikut gathering pertama di sebuah panti asuhan. Kopi darat atau istilah kerennya gathering bukan hanya bersifat hiburan. Tapi juga bisa jadi cermin kepedulian terhadap sesama manusia. “Acaranya seru-seru. Setiap anggota dibebaskan mengusulkan dan membuat acara masing-masing,” katanya.

Anies pernah menggagas acara merayakan Hari Anak Nasional di Panti Asuhan pada 2005. Mengikuti komunitas IM3 Friend, baginya adalah proses belajar. Mulai dari membuat program kerja, proposal, hingga menggelar eventnya.

Menurut Verita Poerbasari, Division Head Lolyality & Retention Indosat, komunitas IM3 Friends tergolong sebagai komunitas organik yang merupakan bentukan pelanggan sejak 2003. Kegiatannya lebih banyak datang dari inisiatif anggota sehingga pihak operator hanya berperan sebagai sebagai fasilitator.

“Di luar itu kami masih mempunyai komunitas yang memang disponsori operator. Namun, sejak berapa waktu lalu kedua komunitas ini digabungkan di bawah naungan Indosat Community,” tutur Verita lagi.
Asal muasalnya waktu IM3 diluncurkan ada program ngomong gratis antarsesama anggota IM3. Ternyata karena kebanyakan penggunanya anak muda, mereka suka trial nomor. Misalnya, mereka menghubungi nomor urut yang ada di bawah dan atasnya. Hasilnya mereka bisa saling kenal. Makin lama terbentuk komunikasi dan akhirnya dikukuhkan sebagai komunitas.

Terbesar di Indosat
Salah satu bentuk fasilitas yang diberikan Indosat adalah portal. Mulanya setiap brand mempunyai portal. IM3, awalnya bernama M3-acces. Ponsel yang pernah memantau portal ini melihat isinya bukan saja tempat berinteraksi sesama anggota, tapi juga berita dunia film dan musik yang terkait dengan dunia kaum muda. Namun kini portal ini digabungkan dalam situs Indosat.

Komunitas ini sebagaian besar adalah mereka yang duduk di bangku SMA hingga Universitas dan para pekerja baru. Hobi mereka sudah mereflesikan kalangan ini, mulai dari sport, musik, nonton film hingga membaca. Dari data base, tambah Verita, jumlah anggota Indosat Community mencapai 10% dari pelanggan Indosat atau setara dengan 21,2 juta pelanggan. Dari jumlah itu lebih dari 50% adalah anggota komunitas IM3 Friends.

“Kami memberikan bennefit bagi pelanggan yang mau bergabung dengan komu nitas, misalnya saja SMA-I square yang memberikan diskon bagi anggota ke tempat tertentu, mulai butik, restoran hingga tempat hiburan,” tutur Verita. Selain itu kata Verita, yang terpenting adalah sharring antaranggota. Dari sana keluar ide-ide mulai dari musik, olahraga, hingga kegiatan sosial seperti donor darah. Kalau ada live music, maka anggota komunitas dapat akses bertemu artisnya sebelum pertunjukan berlangsung. Misalnya saja meet and greetz dengan Radja, Kerispatih, dan Letto.

Kegiatan juga dilakukan di tingkat region (wilayah). Selain di Jakarta, Komunitas IM3 Friends tersebar di Bandung, Surabaya, Kediri, Madiun, Yogyakarta, Semarang, Medan, Manado dan kota-kota lain yang terdapat kantor Indosat. “Kami juga pernah mengadakan Jambore IM3 tingkat nasional di Jatiluhur pada 2004. Para anggota datang dengan biaya sendiri, ada yang naik mereta hingga bus,” cerita Verita.
Pendeknya komunitas IM3 Friends mirip dengan semangat IM3. Bisa Ce Es San dan yang penting oke banget! irv

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s