Jangan Terjebak Perang Tarif

Perang Tarif Bukti Tak Ada Price Fixing

Wahyu Daniel – detikinet


Singapore Technologies Telemedia (STT) mengemukakan bahwa tuduhan terjadinya penetapan harga (price fixing) terhadap telepon selular di Indonesia adalah tidak benar. Menurut Senior Director Corporate Communications STT Melinda Tan, dalam bisnis selular di Indonesia terjadi perang tarif di antara operator selular.

“Kita tahu bahwa terjadi perang tarif per menit antar operator, ini menunjukkan tidak adanya price fixing, antara STT (pemilik saham Indosat-red) dan Sing Tel (pemilik saham Telkomsel-red) hal ini pun terjadi,” jelasnya dalam media briefing di Hotel Grand Hyatt, Jakarta

Mengenai opini yang bermunculan di media bahwa operator selular di Indonesia terlalu sedikit sehingga timbul price fixing, Melinda mengatakan bahwa Indonesia dengan 12 operator selular termasuk salah satu pemilik operator terbanyak di dunia.

Dari data yang diberikannya, operator selular di Indonesia 12, Pakistan 6, India 6, Bangladesh 6, Thailand 4, Filipina 3, Malaysia 3 dan Cina 3.

“Indonesia memiliki churn rate tertinggi di kawasan dengan 8 persen, dibandingkan dengan sebelum tahun 2002 sekitar 1 persen, jumlah pelanggan meningkat 7 kali lipat, sekitar 76 juta sejak tahun 2002,” tuturnya.

Sementara mengenai tingginya tarif telepon selular di Indonesia, Melinda mengatakan alasannya adalah karena Indonesia merupakan negara kepulauan yang sangat luas.

“Hal ini menyebabkan perusahaan operator seluler membutuhkan dana untuk pengembangan jaringan yang luas, sehingga tarif tinggi guna pembangunan jaringan itu,” jelasnya.

Selain itu, Melinda menuturkan bahwa meskipun STT dan Sing Tel berada di bawah Temasek, namun merupakan perusahaan yang terpisah. “Komisaris dan dewan direksi juga terpisah, jadi tidak melanggar UU tentang Persaingan (Pasal 27/UU No.5/1999),” jelasnya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s